Mengatasi bayi rewel

 

Satu bulan pertama di rumah mama, kaka Najmi rewel banget.  Suara tangisannya lumayan kenceng.  Cukuplah untuk membuat tetangga bangun.  Sangat panik tentu, karena ini pengalaman pertama mengasuh bayi.  Karena waktu itu lahirnya sesar, bekas operasinya masih sakit.  Kalau mau bergerak harus pelan-pelan.    Sekitar dua minggu pasca operasi, badan sudah mulai pulih dan stabil.  Tapi tetap harus hati-hati.  Lumayan agak ribet, tapi dengan dukungan keluarga, semua bisa dilewati. Intinya adalah persiapkan mental dengan baik.  Artinya berusaha untuk menjaga kestabilan emosi.  Biasanya kalau anak nangis, pasti semua jadi ribet, dan ujung-ujungnya jadi emosi.  Mulailah marah-marah ke anak.  Untungnya semua sudah disiapkan dengan baik.  Jadi, sudah tidak ada masalah menangani anak rewel.

 

Apa aja sih yang membuat bayi rewel?  Banyak tentunya.  Bayi sering menangis bila ia merasa tidak nyaman, diantaranya:

·         Popok bayi basah

·         Bayi mengantuk.

·         Bayi lapar

·         Bayi sakit

·         Bayi kepanasan

 

Tidak usah khawatir or panik.   Ada banyak cara untuk mengatasinya.  Ikuti saja petunjuk berikut ini:

·         Periksa popok bayi.  Bayi cenderung akan gelisah bila popoknya basah.  Segera ganti dan jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum mengenakan popok yang baru.

·         Pastikan suhu ruang tidak terlalu dingin atau terlalu panas.  Kulit bayi sangat sensitif terhadap perubahan suhu.  Jika suhu terlalu panas, sebaiknya tanggalkan pakaiannya atau bayi hanya mengenakan singlet saja.  Jika terlalu dingin, ganti pakaian bayi dengan baju hangat dan kaus kaki.  Oleskan minyak kayu putih dan selimuti bayi.

·         Kebutuhan makan dan minum bayi juga harus terpenuhi.  Segera susui, jangan sampai bayi merasa lapar atau haus.

·         Berikan pelukan yang hangat pada bayi.  Pelukan bisa memberikan rasa nyaman pada bayi.   Pelukan juga bisa menetralkan suhu bayi yang tidak stabil.

·         Mengusap punggung bayi juga bisa mengurangi tangisan.   Sentuhan kasih sayang akan membuat bayi merasa nyaman.

·         Ajak bayi jalan-jalan agar bayi juga bisa mendapat udara yang lebih segar.  Bayi akan merasa lebih tenang jika digendong atau bisa juga dengan naik kereta dorong.

·         Jika bayi mengeluarkan banyak keringat dan badannya lengket, sebaiknya mandikan agar bayi merasa lebih segar.

·         Dengarkan nyanyian atau lagu yang berirama lembut.  Jika anda muslim, juga bisa menggunakan murotal alquran.

·         Yang terakhir hanyalah lakukan semuanya dengan penuh rasa cinta dan kesabaran.

 

About these ads

31 comments on “Mengatasi bayi rewel

  1. Ank sy umr 2bln,skrg ni lg rewel,nangs trus.dne2nin gmw,popok ud dgnti,ud dgndong.tp msh aj nangis.knpa ya?sy jd cemas bgt.

  2. bayi sya rewel banget, rupanya badan nya kecenglak, setelah diurut, ternyata masih rewel, rupanya dia batuk pilek dan suhu badannya panas. alangkah capenya saya sbg ortunya, karena satu hari satu malam ga bisa tidur tenang. Alhamdullilah, dibawa ke puskesmas, sekarang agak mendingan.

    semua berkat Allah….yang maha menyembuhkan, amin….

  3. bayi saya 9 bln,sdh 2 hari dia demam,tapi kemarin demamnya turun.cuma ntah kenpa tiba2 demamnya naik lagi trus dia jadi rewel banget,semuanya salah.dia nangis terus-terusan,,smpek harus tidur digendongan.padahal sebelumnya dia gak pernah rewel walaupun sakit,apalagi smpek nangis berjam-jam smpek muntah.tolong solusinya dong??

    • Bunda… Jika bayi demam, itu adalah petanda akan timbulnya suatu penyakit. Sepertinya rewel yang dialami ananda itu karena rasa sakit. Kalau cuma kecengklak, biasanya hanya sebagian badan saja yang anget, seperti di belakang leher, di lengan, di telapak kaki. Kalau mau tumbuh gigi, biasanya kepala saja yang anget, badannya tetap normal. Tapi kalau seluruh badan anget semua, biasanya masuk angin, apalagi kalau sampai muntah. Kalau sudah masuk angin, bunda harus menjaga suhu tubuh ananda tetap hangat, dan jaga asupan makanan ananda. Kalau masih rewel juga, segera ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut. HAwatir ananda terkena penyakit lainnya. Mudah-mudahan lekas sembuh.

      Peluk dan cium untuk ananda..

  4. Anak saya berumur 18 bulan(cowok)dan anak pertama,baru 3 hari ini sering nangis dan rewel banget,pagi,siang dan malam hari,pada hal sehat2 aja,dan yang ngga dimengerti lagi nangis nya itu tidak ada sebab,dan ada aja yang di ingininya,setelah dituruti,tapi malah nambah nangisnya,kami sebagai ortu nya jd bingung,mohon masukannya,terima kasih..

    • Selain karena sakit, bayi rewel juga karena lingkungan yang tidak nyaman (seperti kepanasan, mengenal lingkungan baru, dsb.) Ada kalanya bayi juga mengalami perubahan perilaku. Ananda mungkin sedang meminta perhatian ekstra jadi banyak yang diminta. Mungkin apa yang diberikan oleh mama/papa belum dapat memenuhi apa yang dimaksud ananda. Coba untuk berkomunikasi dan mengerti bahasa ananda.

      Salam cium untuk ananda. Semoga selalu diberikan kesehatan.

    • Bunda Puput.. Kalau cuma rewel, menurut saya itu biasa pada bayi yang masih berumur di bawah 6 bulan. Semakin besar, perilaku bayi akan berubah. Sabar dan coba pelajari posisi bayi yang nyaman. Sesekali perlu ananda perlu dibawa keluar ruangan supaya ananda tidak jenuh.

      Salam sayang buat ananda.

  5. Kenzie anku umurnya hmpir 3bln.dia rewel klo mw tdr n hrs dgendong berdiri posisinya,apakah itu bs trs mpe gede?krn q pgnnya kenzie bs bo2 sndr dah gt klo dah rewel ga mw nyusu hrs nungu dia tenang or dah bo2 dl.apa ada solusinya ya?n sbnrny mpe umur brp dia msh bgn?

  6. saya diangerahi anak cowok umur 50 hari..biasanya gak pnh rewel tp hr ini si gilang anak ku nangis trus dr pagi smpe ke malam ini..sudah tidur sebentar eh bangun lagi dan mulai deh nangis lagi..sampe2 gak tega dgr tangisnya!!kt orang susu ibunya basi jd perut si gilang sakit..apakah benar susu si ibu harus di ganti dan bisa basi klo gk diganti..mhn penjelasannya?mkseh

    • Bunda Neni dan Ayah Budi..

      Kenzie mungkin rewel karena mencari posisi yang nyaman baginya saat tidur, sabar bunda… semakin umurnya bertambah kebiasaannya rewelnya akan berkurang. Mungkin karena awalnya kenzie sering digendong, jadi kenzie merasa nyaman saat digendong. Bunda tetap harus mencoba untuk membiasakan tidur tanpa digendong.

      Ayah Budi, mungkin ananda kurang sehat. Saya biasanya bawa ke tukang urut karena hawatir kecengklak karena pasti ananda banyak yang gendong kan. Susu formula yang sudah lebih dari 4 jam akan basi. Tapi ASI tidak pernah basi. Karena saya muslim, saya berwudhu dan membaca sholawat dan surat-surat pendek saat menggendong ananda, tidak usah terlalu keras. Insya Allah, ananda akan jauh lebih tenang.

      Salam untuk ananda..

  7. saya seorang ayah dan anak saya Arun, tepat berumur 2 bulan dihari ini. Awalnya anak saya tidak pernah Rewel. tapi semenjak puting ibunya putus, dia berubah menjadi anak yang rewel. harapan ingin memberi ASI exlusippun sirna. karena bisa dibilang anak saya ini sangat kuat sekali menyusu, jadi jalan keluarnya saya ganti dengan susu formula. Dan setiap Asi Ibunya penuh,langsung diperas. Yang ingin saya tanyakan. Bisakah tumbuh kembali puting si Ibu.
    terima kasih.

    • Ayah Arun, sampaikan rasa sedih saya kepada bunda di rumah. Mengenai puting, saya tidak tahu apakah bisa tumbuh kembali. Namun selagi ASInya masih bisa diperas, tetap berikan ASI perahan kepada ananda Arun. Meskipun dengan ASI perahan, Arun tetap mendapatkan ASI esklusif.

      Salam kenal untuk bunda dan Arun..

      • Alhamdulillah… Arun sudah mulai belajar menyusu ke ibunya walaupun puting si Ibu terbilang tidak ada. Awalnya memang sulit, tapi kini sudah mulai terbiasa. Hanya saja harus cari waktu yang tepat untuk menyusuinya. Kalau tidak tepat, dengan terpaksa harus diperah juga.

        Alhamdulillah .. Kini Arun tumbuh dengan sehat. Di umur 2,5 bulan, Arun sudah bisa tengkurap.

        Terima kasih untuk ibu atas masukan dan Doanya, Semoga Allah membalas kebaikan Ibu.

        Amin..

      • Di setiap kesulitan, pasti ada kemudahan. Saya senang sekali mendapat kabar baik dari bunda Arun. Arun pasti bangga mempunyai orang tua yang sabar seperti Ayah dan Bunda.
        Motorik Arun juga berkembang pesat, pasti perkembangan otaknya juga sangat optimal karena dapat ASI eksklusif dari Bunda. Alhamdulillah, Allah telah banyak memudahkan segalanya.
        Adalah kewajiban sesama muslim untuk saling mendoakan. Barokallah.

        Salam untuk Arun dan Bunda

  8. alhamdulillah,kami br dikaruniai seorang bayi laki2. Usiany skrng sdh 27 hari. Td mlm abiy,buah hati kami, trus2an nangis, tiap kali ditaruh ditmpt tdr, dy lngsung bergerak2 ga karuan& tdrny spt gelisah,g lama kemudian dy pst nangis, klo udh gt hrs cpt digendong &dine2nin. Kebetulan kami dirmh cm b3, dan sbg ortu br kami jd bingung, knp dg abiy. Jd tlong share donk bu,gmn mengatasi mslh kami td???l

    • Salam kenal bunda eva,
      Bayi rewel bisa karena kepanasan, haus, popok basah atau sakit.
      Coba amati Abiy, sepertinya hanya kehausan karena kalau dikasih ASI langsung diam.

  9. Alhamdulillah kami dikarunia seorang anak cowok yg kami beri nama Muhammad Rafa Aranda. Skrg sudah 36 hr.
    Sudah 5 hr ini setiap magrib pasti rafa nangis terus, biasanya dr jam 5 s/d jam 8 malam. Disusui bundanya pun masih nangis juga, malah sampai jerit2, kami jd kasihan melihatnya nangis terus. tolong bu, gmn cara mengatasinya biar rafa gak nangis terus.

    • Ayah dan Bunda Rafa,

      Pasti Rafa banyak yang gendong ya, mungkin badan Rafa jadi agak sakit karena sering pindah tangan. Coba kurangi frekuensi gendongannya.

      Cek kesehatan dan lingkungan sekitarnya, mungkin karena akhir2 ini cuacanya tidak bersahabat, bisa karena kepanasan atau kedinginan.

      Coba ayah dan bunda baca shalawat atau surat2 pendek di dekat telinga Rafa, sambil dibelai lebih bagus.

      Saya yakin, ayah dan bunda pasti sangat sabar, sambil mempelajari pola perubahan tingkah laku Rafa. Seiring bertambahnya umur, nanti Rafa juga akan lebih nyaman beradaptasi.

      Salam cium tuk Rafa.

  10. anak saya berumur 6 bulan dan sudah bisa tengkurap, swaktu tidur enggak sngaja saya tinggal sendirian dan ia terjatuh dari tempat tidur kurang lebih tingginya setengah meter. saya taunya ia sdh jatuh tengkurap ke lantai kira2 1 minggu yg lalu kejadiannya. akhir2 ini sehat2 saja. kira2 adakah/apakah dampaknya bagi bayi saya tersebut.

    • Bunda Rafael…
      Kalau ananda sehat, bunda tidak usah hawatir. Mudah-mudahan benturannya tidak terlalu keras. Namun jika bunda masih penasaran, konsultasikan saja ke dokter.

  11. ass..saya ajeng mw ikut gabung donk..
    anak saya berumur 3minggu,.awal’a c gag rewel tp kok ksini’a malah tambah rewel y?? apakah dia msk angin soal’a saya kalau tidur pake kipas 2.. dikamar panas dan pengat.. apa c solusinya untuk anak masuk angin.. dan anak saya jg Lg ganti kulit gitu,.apakah boleh dimandiin dan dijemur?? dimohon petunjuk’a ya..

    • Bunda..
      Sejak dalam kandungan, bayi selalu merasa hangat. Makanya setelah lahir, bayi juga masih membutuhkan suhu yang hangat. Kalau bunda pakai kipas angin, ruangannya menjadi agak dingin kan? Bunda mungkin merasa panas, tapi bayi belum tentu merasakannya kan.
      Baiknya bayi diberikan lotion atau oil untuk menjaga kelembaban kulitnya. Pilih sabun bayi yang tidak membuat kulit kering, dan jemur bayi di bawah jam 9.

      Salam cium tuk ananda.

  12. Kalau anak rewel dan sering dimanja perlu kamu ketahui juga itu sangatlah tidak baik, hal ini akan menimbulkan psikologi anak yang tidak berusaha dan mengandalkan orang di dekatnya.

    Daya kembang nya juga sangatlah terbatas, apakah kamu ingin anak kamu manja dan malas?
    Semua orang tentunya tidaklah suka punya anak yang manja.
    Hal ini telah terlihat dan sudah saya analisis dari beberapa anak-anak yang pola asuhnya salah dan suka dimanja.

    Kamu juga perlu tahu, jika ingin membuat statmen harus berdasar atas analisa, bukan sembarangan!!!!

  13. Anak saya Abiy malewa berumur 3 minggu, lumayan rewel sih tapi aku anggap sih biasa aja karna itu bayi, sudah sepantesnya dia rewel kalo ketawa atau diem malah ntar repot lagi, tapi yg repot malah mertua saya kadang kadang menyalahkan nama padahal nama sudah cukup baik, eh… Malahan suruh ganti dngan nama yg tidak sesuai dngan agama saya. Maksh atas tipsnya saya akan coba dan mudah2 rasa rewel sedikit berkurang dan menjadi bayi yg menyenagkan ortu amin…

  14. Anak saya kadang Rewel tapi Emaknya susah kalo di kasih tau padahal maksud saya baik agar anak saya tidak nangis. Berapa kali saya kasih tau tapi masih aja ucapan saya tidak di dnger, dari pada saya pusing2 mendingan keluar aja Deh… Smoga istri saya sadar dan mau menuruti nasehat saya. Trimaksh tipsnya salam kenal dan wslm

    • Salam Kenal Mba Puji.

      Kalau sampai muntah, apalagi sampai biru, baiknya konsul ke dokter anak saja. Mudah2an ananda dalam kondisi sehat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s