About Me

“Adalah niat, usaha, dan doa yang membimbing kita ke arah keberhasilan.”

1999

Tadinya setelah lulus SMK, mau langsung kerja. Tapi….. ko pengen kuliah juga ya. Ga kepikiran tuk ikutan tes di Universitas negeri karena jarak dan biayanya yang tidak terjangkau bagiku. Makanya langsung cari yang swasta aja deh. Menentukan jurusan yang akan dipilih juga masih bingung. Selain mata pelajaran sejarah, bahasa Inggris lah yang nilainya paling bagus di ijazah. Banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk kuliah dan jurusan yang akan diambil. Keputusan akhir ada pada Universitas Pakuan di Bogor. Biaya kuliahnya terjangkau. Menjadi guru kayanya ga makan banyak waktu deh. Bisa pulang siang trus sisa waktunya bisa urus anak. Itu juga yang menjadi salah satu pertimbangan ketika akhirnya aku memutuskan untuk memilih FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dengan program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

2000

Pagi-pagi nganterin mama ke bidan. Pulangnya lewat TK yang lokasinya ga jauh dari rumah. Pas ketemu sama temennya mama, the owner. Iseng, nanyain ada lowongan ga. Eh ga nyangka, gayung bersambut, the owner nawarin tuk jadi guru TK. Seneng banget lah. Besoknya langsung ngajar. Pengalaman yang tak terlupakan deh, ketemu dengan anak-anak yang aktif. Ga boleh bengong dikit, mata harus aktif monitor kelakuan anak yang mungkin bisa membahayakan anak lain. Ada anak yang hobinya gigit, mukul, atau nyolok temennya pake pinsil. Alhamdulillah, ga ada kejadian yang tidak diinginkan. Semuanya lancar. Sabar ya…

2003

Lagi-lagi serba kebetulan. September 2003, salah seorang temen menawarkan tuk gantiin guru SMA yang sedang cuti selama 3 bulan. Saat itu masih mengajar di TK, namun tawaran untuk mendapatkan penghasilan yang lebih besar cukup menggiurkan. Maklumlah saat itu lagi butuh banyak uang untuk skripsi. Kasek TK mengijinkan tuk resign, toh demi masa depan yang lebih baik katanya. ga lebih dari satu bulan tuk menyelesaikan skripsi, karena jadwal sidang yang dimajukan. Lumayan tertatih-tatih, tapi berkat dorongan dari keluarga dan sahabat, Alhamdulillah selesai juga. Novermber 2003, jadilah bergelar sarjana.

2004

Masih juga ditawarin temen tuk ngajar TKW. Kontak langsung dengan mereka, jadi tau suka duka menjadi TKW. Salah satu hal yang paling ga masuk akal adalah ga boleh bawa mukena dengan alasan majikannya akan ketakutan kalau lihat mukena. Padahal kan semua bisa dijelaskan tanpa harus ada larangan. akhirnya aku sarankan mereka tuk pake sarung or apapun lah sebagai pengganti mukena, dan aku juga suruh mereka tuk menjelaskan ke majikan mereka bahwa mereka harus beribadah. Mudah-mudahan sudah tidak ada lagi larangan-larangan yang menyesatkan.

Awal bulan Mei, akhirnya kembali mengajar di tingkat SMA kelas X dan XI. Kadang-kadang sih ikutan bantu temen ngajar di kelas XII. Menghadapi anak-anak yang berbagai macam. Namanya juga sekolah swasta inputnya kan bervariasi. Makanya treatmentnya pun beragam pula.

2006

Pertengahan Mei, melangsungkan pernikahan di usia yang seperempat abad. Alhamdulillah, mendapat pasangan yang klop di hati. Belajar menjadi ibu rumah tangga. Semua pekerjaan di rumah ataupun di sekolah harus dilaksananakan seimbang. Dulu, nenek selalu bilang, jadi perempuan, setinggi apapun gelarnya, harus bisa masak dan ngurus rumah. Ada benarnya juga karena menurut saya, memasak adalah ungkapan rasa sayang kita untuk keluarga.

2007

9 Juni, Alhamdulillah… Mendapat satu titipan yang memang sangat didamba. Kaka, begitu aku memanggilnya. Thufailah Najmi Maulana, semoga Allah selalu membimbingnya ke arah kebaikan.

Sampai sekarang masih menikmati tugas ganda sebagai istri, ibu, dan guru.

2009

Alhamdulillah, Allah telah memberikan anugerah sepasang putra putri yang sehat. Dhiaurrahman Hilal Maulana adalah putra kami yang kedua. Mudah-mudahan Allah memberikan kepada kami dalam merawat anak-anak kami. Amiin.

Jelang 2010

Tahun ini menjadi tahun ekstra karena ada kerjaan yang baru yang serba mendadak. Tidak hanya mengajar kelas X dan XI, tetapi juga kelas XII. Karena guru sebelumnya pindah, dan tidak punya administrasi keguruan yang lengkap, akhirnya harus pontang-panting cari materi baru. Belum lagi mencari soal persiapan UN yang harus dimajukan di bulan Maret. Adalagi membuat narasi semua siswa dari tiga level, Lumayanlah jadi bisa belajar menggunakan mail merge. Doain ya semuanya lancar, anak-anak lulus UN semua, amin.

Oktober 2010

Alhamdulillah… Meskipun masih berat menjalani aktivitas baru sebagai waka kurikulum, tapi tetap harus semangat. Belajar dan terus belajar sesuatu yang baru. Hidup memang dinamis, maka ga ada salahnya kalau aku juga mulai belajar menikmati tugasku yang baru.
Mudah-mudahan tetap masih bisa memberikan sesuatu di dalam blog ini. Amiin.

Agustus 2011
Awal tahun ajaran baru pastinya sibuk dengan berbagai macam administrasi yang harus dilengkapi. Sebagai guru masih harus mengevaluasi Prota, Promes, Time Allocation, Mapping, Syllabus, Lesson Plan, Soal, lengkap deh. Yang bikin agak kewalahan adalah membuat job kurikulum, membuat KTSP Dokumen I dan analisis konteks.

Alhamdulillah, Allah menitipkan satu amanah lagi untukku. Di usia dua bulan kehamilanku, semoga aku bisa menjalani puasaku kali ini dengan sempurna. Semoga Allah memberikan anak yang sehat sempurna jasmani rohani, dan semoga Allah selalu memberikan kemudahan kepadaku untuk menjadi ibu yang terbaik bagi anak-anakku. Amiin.

April 2012
Kalau di akhir tahun kemarin Allah memberikan sedikit ujian, pastinya untuk merubahku menjadi lebih baik. Alhamdulillah di awal tahun ini satu persatu doa dikabulkan. Mudah-mudahan Allah selalu mermberikan kemudahan agar bisa menjalani hidup lebih baik lagi, Amiin.

13 Februari 2012, Allah melancarkan proses kelahiran putra kami yang ketiga, Fadhlanurrahim Syamsi Maulana. Fadhlanurrahim yang artinya Anugrah dari Allah, yang Maha Penyayang, Syamsi adalah matahariku, yang mudah-mudahan hidupnya bisa bersinar, dan juga bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

Mendapatkan Sertifikat Pendidik adalah suatu kebanggaan bagiku. Semoga aku bisa meningkatkan kompetensi dan bisa lebih banyak menuliskan sesuatu di blog ini yang bisa disebarkan dan digunakan oleh teman-teman seperjuangan di manapun berada.

Februari 2013
Alhamdulillah, banyak sekali anugrah dan nikmat yang telah kuterima. Meskipun begitu ada juga peristiwa duka yang kualami. Setelah perawatan intensif selama 49 hari di ruang ICU, bapak mertuaku akhirnya meninggal dunia. Sedih rasanya. Beliau orang yang sangat baik hati, serta penyabar, rajin sekali shalat berjamaah di masjid. Setelah selesai shalat, bapak tidak sadarkan diri. Semoga Allah SWT melipatgandakan amal baiknya. Semoga bapak mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah, Aamiin Ya Robbal ‘Aalamiin.

Januari 2019

Sudah lama tidak update tulisan, kangen rasanya.  Tidak terasa tahun ini kaka Najmi akan masuk SMP, Aa Hilal saat ini kelas 4, De Fadhlan  kelas 1 SD.  Semoga Allah SWT selalu memberikan kemudahan bagi anak-anak kami dalam belajar, memberikan kesehatan, serta perlindungan, aamiin.

Mereview kembali aktivitas dua tahun terakhir ini selain menjadi guru, juga mendapat amanah baru sebagai kepala sekolah, meskipun tidak mudah, bismillah, Semoga Allah SWT selalu memudahkan segala urusan di dunia ini, aamiin.  Dan juga berharap mulai tahun ini sudah bisa aktif lagi berkarya dan menulis.  Semangat!

Desember 2022

Alhamdulillah sehat wal afiat.  Kaka saat ini sudah SMA kelas 1, Aa mondok mengikuti jejak Kaka, Ade pun yang katanya mau menyusul meski saat ini masih kelas 5.  Rezeki yang tak terhingga memiliki putra putri yang sehat dan menyejukkan hati.

Sebagai sekolah penggerak angkatan 2, mendapatkan bimbingan dan pelatihan dari fasilitator yang luar biasa hebat, semoga bisa memantapkan niat untuk terus berbagi melalui platform wordpress ini.  Bismillah.

22 comments on “About Me

  1. so sweet bgt………..

    ku doakan deh moga selalu diberikan kelancaran….amin

    ku jg ambil FKIP b. inggris masih mau PPL.

    kayana… ku bakal minta2 pendapat neh coz mbak kan lebih pengalaman.

    ku harap tidak terganggu?
    ku seneng deh…sapa tau bisa tuker2 info.

  2. sng membaca pengalaman2 nya…
    mkash jg atas materi2 yg sudah dsediakan membantu saya dalam PPL dsekolah…
    sy jg jur PBI tp msh harus bnyk belajar,mdh2an bisa bljr dngn mbak, bisa minta saran ga, klo game bwt expressing kyk gmn ya? trus media bwt expressing apa y mbak??
    mksh bgt…

  3. luar biasa, anda memang wanita yang cantiknya luar dalem, mudah2an anda bisa dapetin kebahagiaan dunia akhirat, langgeng ampe kakek – nenek, hehehhe. amin….

  4. what a great blog 😉
    hi bu najmi..saya guru bahasa inggris baru. bisa minta tolong kasih tips buat ngajar genre text agar lebih menarik…
    thanks

  5. Waow…, keren Bu guru..,
    Alhamdulillah, Beruntung banget gw dapat link ini..

    Ada facebooknya G, Bu?

    Bu, Isi blognya aq donlod semuanya ya….
    Diijinin ato G, pastinya saat Aq nulis ini donlot`dernya telah jalan Bu, dan telah nyedot 141 files…. Hehehehee… Makasih.

  6. Thx for your unbelievably valuable site.
    I’m tutoring someone for her UN preparation, and I’m using your site as a source of tutoring materials.
    I hope that you don’t mind.

  7. 1st of all I’d like to say thnk so much in advance to the author 4 ur article..
    here, in ur blog I couldn’t find d’ kind of genre namely anecdote.. n it might be more interesting if u would complete ur blog by tagging another materials except genre.. we can write gramatical material for IX,X or XI class..
    ok..thnk!

  8. greeting mam,salam kenal saya jg english teacher tp di junior high.blognya bermanfaat sekali.thanks alot for sharing the knowledge mam….

  9. Assalamu’alaikum, mom salam kenal. i am as a English teacher too. Thank you very much for your material and information.

  10. Salam kenal bu. Semoga sehat selalu sekeluarga. Saya mau sampaikan terimakasih banyak, saya awalnya terinspirasi dari website ibu untuk aktif berbagi jenis2 teks bahasa Inggris. Waktu itu saya lihat satu yg mesti saya tambahkan yaitu kunci jawaban. Sampai saat ini saya masih terus aktif berbagi jenis text + kunci jawaban hingga pembahasan jawaban. 🙂 Oh iya nama blog saya EnglishAhkam hehe. Kalau ibu cek di web saya, kebanyakan dari website ibu juga saya ambil, paling saya tambahkan sebagian kunci/pembahasan jaawaban. Mohon maaf dan mohon ijin, baru sekarang menyampaikan. Sudah lupa tahun berapa saya mulai menulis kayaknya waktu masih S1 masih aktif mengajar di bimbel2 hehe.
    Salam dari Makassar bu 🙂

Leave a comment